Badminton

4 Turnamen Bulutangkis oleh BWF, PBSI Angkat Suara.

4 Turnamen Bulutangkis oleh BWF, PBSI Angkat Suara.

PBSI angkat suara soal pembatalan 4 turnamen bulutangkis internasional di bulan September oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). BWF diketahui dalam sebuah rilisan di website resminya mengumumkan kalau mereka membatalkan empat turnamen bulutangkis yang akan bergulir pada bulan September mendatang karena virus Corona yang belum mereda.

 

Empat turnamen bulutangkis yang dibatalkan BWF.

Karena situasi virus Corona adalah Chinese Taipei Open (1-6 September), Korea Open (8-13 September), China Open (15-20 September) dan Japan Open 2020 (22-27 September). “Keputusan pembatalan turnamen-turnamen ini demi menjaga kesehatan pemain, penonton, volunteers dan anggota asosiasi. Kami sangat kecewa karena harus membatalkan beberapa turnamen, namun keselamatan semua pihak yang terlibat adalah hal yang paling penting saat ini,” ujar Thomas Lund, Sekretaris Jenderal BWF. PBSI pun memberikan respons atas keputusan BWF yang memutuskan untuk membatalkan empat turnamen bulutangkis internasional akibat virus Corona tersebut mengingat kompetisi itu akan menjadi pemanasan sebelum gelaran Piala Thomas – Uber 2020 digelar pada 3-11 Oktober di Aarhus, Denmark. “Sebetulnya sangat disayangkan, ini adalah hal yang merugikan buat dunia bulutangkis, khususnya untuk atlet. Tapi di sisi lain kami bisa mengerti karena pandemi ini belum teratasi di negara-negara lain. Seperti contohnya di Jepang dan China yang mengalami second wave Covid-19,” ujar Sekjend PBSI, Achmad Budiharto. BWF sendiri mengaku bahwa mereka terus megupayakan agar turnamen bulutangkis internasional bisa segera bergulir sesuai dengan protokol kesehatan yang dibuat oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), otoritas kesehatan setempat serta peraturan perjalanan domestik maupun internasional.

Terakhir kali BWF menggelar turnamen bulutangkis yaitu di kejuaraan All England 2020 pada 11 – 15 Maret lalu di Arena Birmingham dan setelah itu tidak ada turnamen bulutangkis lagi yang bisa diikuti oleh para atlet bulutangkis. PBSI sendiri untuk mengisi kekosongan tidak adanya turnamen diketahui telah menggelar kompetisi internal untuk atlet pelatnas Cipayung di lima sektor, yakni ganda putra, ganda campuran, tunggal putra, ganda putri dan tunggal putri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *