Balapan Motor Moto GP

Airbag Selamatkan Vinales dari Cedera di MotoGP Styria 2020

Warungsports.com – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, mengalami insiden yang terbilang mengerikan di MotoGP Styria 2020. Rem di motor balapnya blong hingga membuat Vinales akhirnya nekat untuk melompat dari motornya.

Tindakan ini tentu saja dilakukan Vinales demi menyelamatkan diri dari kecelakaan yang mengerikan. Benar saja, tak lama setelah pembalap berjuluk The Top Gun itu terjatuh di aspal, motor balapnya menabrak pagar pembatas sirkuit dan terbakar.

Tetapi, Vinales nyatanya tak menderita sedikit pun cedera akibat insiden ini. Usut punya usut, hal ini bisa terjadi lantaran sistem canggih yang terdapat dalam baju balap Vinales serta para pembalap lainnya di MotoGP.

Vinales disebut tertolong oleh airbag atau kantung udara yang terdapat dalam baju balapnya. Airbag tersebut pun mengembang beberapa detik sebelum benturan awal Vinales ke aspal usai melompat dari motornya.

“Fakta data Maverick Vinales. Insiden saat memasuki tikungan 1 pada MotoGP Styria menunjukkan bahwa dia melompat dari motornya dengan kecepatan 218 km/jam dan benturan saat menabrak Tarmac adalah 23,45g. Dia selamat tanpa cedera,” bunyi sebuah pernyataan terkait insiden Vinales.

Jika baju balapnya tak terdapat teknologi canggih tersebut, cedera sangat mungkin diderita Vinales. Terlebih, motor balapnya sendiri diketahui tengah melaju dalam kecepatan 218 km/jam kala itu.

Meski begitu, insiden ini tetap memberi dampak terhadap penyelenggaraan MotoGP Styria 2020. Balapan yang berlangsung akhir pekan lalu itu sempat dihentikan.

Pasalnya, stewards akan membersihkan lintasan. Dikhawatirkan oli serta serpihan motor Vinales akibat yang berceceran di lintasan insiden tersebut dapat membahayakan para pembalap lainnya yang masih melaju di lintasan.

Balapan yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada Minggu 23 Agustus 2020 malam WIB itu pun akhirnya dimenangkan oleh Miguel Oliveira (KTM Tech3). Ia menjadi yang pertama menyentuh garis finis setelah memanfaatkan duel ketat Pol Espargaro dan Danilo Petrucci.

Sementara Pol Espargaro dan Danilo Petrucci yang sebelumnya bersaing ketat untuk merebut kemenangan akhirnya harus puas hanya finis di posisi kedua dan ketiga. Petrucci menempati posisi kedua, sementara Pol berada di urutan ketiga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *