Fernando Alonso akan kembali ke F1 bersama Renault pada musim depan
Balapan Mobil F1 F2 Formula E

Fernando Alonso akan kembali ke F1 bersama Renault pada musim depan

WarungSports – Fernando Alonso akan kembali ke Formula 1 bersama Renault tahun depan. Juara dunia dua kali Spanyol itu, yang akan berusia 39 akhir bulan ini, telah menandatangani dan akan segera dikonfirmasi

Alonso akan kembali ke pakaian dengan siapa dia memenangkan Kejuaraan Dunia, dan untuk siapa dia telah mengemudi dua kali selama karirnya.

Dia meninggalkan F1 pada 2018 dan akan melakukan upaya ketiga untuk memenangkan Indianapolis 500 dengan McLaren pada Agustus.

Seorang juru bicara Renault mengatakan tim “menolak mengomentari rumor”.

Alonso akan bermitra dengan pelatih asal Prancis Esteban Ocon dan menggantikan pemain Australia Daniel Ricciardo, yang pindah ke McLaren pada akhir musim ini.

Kenapa dia kembali?
Ketika dia meninggalkan olahraga, Alonso mengatakan dia melakukannya karena dia telah “mencapai di F1 lebih dari yang saya impikan dan sudah waktunya untuk mencapai hal-hal yang lebih besar di luar F1”.

Namun Alonso diketahui telah melakukan pembicaraan dengan Renault sejak November tahun lalu, dan pada Mei tahun ini penasihatnya, Flavio Briatore, mengatakan ia “termotivasi dan siap untuk kembali ke F1”.

Orang dalam mengatakan bahwa mereka percaya bahwa waktu luangnya dari F1 telah mengingatkannya bahwa tidak ada motorsport lain yang mendekati tingkat kepuasan yang mungkin di puncaknya.

Tetapi Alonso harus menerima bahwa dia tidak mungkin langsung kompetitif. Tahun depan, tim harus menggunakan mobil yang sama seperti pada tahun 2020 sebagai akibat dari perubahan peraturan yang diperkenalkan karena krisis coronavirus, dan Renault adalah mobil lini tengah pada lomba pembukaan musim di Austria pada akhir pekan.

Alonso akan berharap aturan teknis baru diperkenalkan pada 2022 dalam upaya untuk menutup lapangan, serta batasan anggaran pada tim, akan memungkinkan Renault untuk bersaing dekat ke depan.

Kebangkitan karier di Dunia F1

Fernando Alonso akan kembali ke F1 bersama Renault pada musim depan
Fernando Alonso akan kembali ke F1 bersama Renault pada musim depan

Selain dua gelar dunianya, Alonso telah memenangkan 32 grand prix, yang menempatkannya di urutan keenam dalam daftar sepanjang masa, dan dianggap sebagai salah satu pembalap terbesar dalam sejarah.

Dia juga nyaris melewatkan tiga Kejuaraan Dunia lainnya – pada 2007 dengan McLaren, dan pada 2010 dan 2012 dengan Ferrari.

Tapi dia belum pernah memenangi balapan sejak Grand Prix Spanyol 2013, dan empat tahun terakhirnya di F1 bersama McLaren adalah pertempuran yang membuat frustasi bagi tim yang sedang mengalami penurunan dan, pada awalnya, menyangkal fakta itu.

McLaren sejak itu memulai kebangkitan – mereka berada di urutan keempat dalam kejuaraan konstruktor tahun lalu, menyusul Renault.

Sejak meninggalkan F1, Alonso telah menjadi pemenang dua kali Le Mans 24 Hours, menambah kemenangan pada 2019 menjadi kemenangan pertamanya pada 2018, dan juga berkompetisi di Reli Dakar.

Pembalap Spanyol itu telah menetapkan dirinya sendiri target untuk memenangkan triple crown motorsport, di mana dia perlu menambahkan Indy 500 ke Grand Prix Monaco dan kemenangan Le Mans yang telah dia raih.

Alonso membintangi debutnya di Indy pada 2017, mengendarai mobil bermerek McLaren yang dijalankan oleh Andretti Autosport.

Tetapi upaya kedua tahun lalu dengan tim McLaren yang baru didirikan berakhir dengan rasa malu, setelah ia gagal lolos karena apa yang diakui tim adalah serangkaian kegagalan organisasi.

Masih harus dilihat apa yang akan ia katakan tentang ambisinya di Indy setelah tahun ini, karena ras paling terkenal di AS biasanya bentrok dengan Grand Prix Monako.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *