F1

Lewis Hamilton menghapus posting teori konspirasi Vaksin Coronavirus

WarungSports – Juara Formula 1 Lewis Hamilton telah mengeluarkan pernyataan “mengklarifikasi pemikirannya” dan menegaskan bahwa dia bukan anti-vaksin setelah berbagi video terkait dengan teori konspirasi yang tidak berdasar tentang vaksinasi coronavirus. Hamilton awalnya membagikan pos tentang Bill Gates dan uji coba vaksin pada kisah Instagram-nya kepada 18 juta pengikutnya. Itu terjaga selama 13 jam sebelum dia menghapusnya. Pembalap F1 itu kini mengeluarkan pernyataan pada platform yang sama, menjelaskan bahwa dia “belum benar-benar melihat komentar yang dilampirkan” pada pos yang dimaksud, dengan mengatakan bahwa dia “hanya manusia”.

Apa yang dikatakan pos tentang Vaksin Coronavirus

Posting yang dibagikan Hamilton menampilkan video pendiri Microsoft Bill Gates yang diwawancarai di televisi AS tentang kemajuan yang dibuat pada vaksin coronavirus. Dalam wawancara tersebut, Gates menanggapi kekhawatiran tentang efek samping yang dilaporkan selama uji coba vaksin dan juga menolak rumor yang tidak berdasar bahwa vaksin itu adalah cara “microchipping” orang. Akun yang memposting video, ‘Kingbach’ (yang memiliki lebih dari 19 juta pengikut), telah menambahkan keterangan: “Saya ingat ketika saya mengatakan kebohongan pertama saya” (bersama dengan emoji yang tertawa). Ini menunjukkan bahwa kepastian Bill Gates atas keamanan vaksin dan pemecatannya terhadap teori konspirasi tidak benar. Posting Instagram asli yang dibagikan oleh Hamilton tetap ada di situs dengan lebih dari satu juta tampilan. BBC News telah menghubungi Facebook – yang memiliki Instagram – untuk memberikan komentar. Hamilton dikecam secara luas di Twitter dan situs media sosial lainnya karena berbagi posting.

Apa teori konspirasi Gates?

Bill Gates mendapati dirinya berada di pusat sejumlah teori konspirasi tak berdasar selama pandemi coronavirus. Kebanyakan berpusat pada dukungan dan pendanaan penelitian vaksin – dan komentar sebelumnya tentang pandemi. Klaim palsu berkisar dari saran bahwa Bill Gates dan istrinya Melinda menciptakan Covid-19 untuk mendapatkan keuntungan dari vaksin hingga teori konspirasi yang tidak berdasar bahwa pandemi adalah kedok untuk rencana menanamkan microchip yang dapat dilacak pada manusia. Yayasan Gates menyebut klaim itu “salah” dan BBC Reality Check telah membantahnya.

Apa yang dikatakan Hamilton?

Dalam klarifikasi yang dikeluarkan pada kisah Instagram-nya, Hamilton mengatakan dia “memperhatikan beberapa komentar” pada posting aslinya dan bisa mengerti mengapa pemikirannya “mungkin disalahtafsirkan”. Dia mengatakan dia belum melihat komentar yang terlampir pada video yang dia bagikan dan “sangat menghormati pekerjaan amal yang dilakukan Bill Gates”. Dia menambahkan: “Saya juga ingin menjadi jelas bahwa saya tidak menentang vaksin dan tidak diragukan lagi itu akan menjadi penting dalam perang melawan coronavirus” meskipun dia mengungkapkan kekhawatiran tentang potensi efek samping dan bagaimana vaksin dapat didanai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *