Balapan Motor Moto GP Uncategorized

Rossi Tidak Lagi Untuk MotoGP

Warungsports.com – Pembalap Monster Energy Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, mengalami penurunan performa sejak dua tahun terakhir. Bahkan, di musim ini, tak sekalipun ia berhasil meraih podium juara.

Di beberapa kesempatan, ia sering mendapat kritikan dari kalangan pengamat yang menyebut dirinya sudah terlalu tua untuk MotoGP. Namun Rossi selalu menepis anggapan tersebut, dan mengatakan bahwa dirinya masih sanggup membalap hingga beberapa musim ke depan.

Padahal, apabila melihat data statistik, pencapaian pembalap berjuluk The Doctor itu memang terus menukik dan tak menunjukkan tanda-tanda membaik. Puncaknya, di musim ini, Rossi bisa memecahkan lima rekor buruk yang sebelumnya tak pernah ia lakukan. Apa saja? Berikut hasil rangkuman kami yang mengutip dari berbagai sumber.

1. Peringkat klasmen terburuk sepanjang karirnya di MotoGP. Hampir mirip dengan kegagalan Rossi saat masih membela Ducati di musim 2011, yakni berada di posisi keenam tangga klasmen akhir.

2. Apabila hingga penghujung kompetisi nanti Rossi tetap berada di peringkat enam, itu pertanda musim ini merupakan yang terburuk baginya selama membela Yamaha. Sebab, posisi paling rendah yang pernah ia raih sebelumnya adalah kelima.

3. Raihan podium paling sedikit di MotoGP bersama Yamaha, yakni hanya dua kali sepanjang musim 2019. Tahun lalu, sosok berusia 40 tahun itu mengakhiri musim dengan capaian lima kali podium.

4. Poin paling rendah yang pernah Rossi dapat bersama Yamaha terjadi di musim lalu, dengan hanya mengantongi 198 angka. Musim ini, hingga seri ke-14, dia baru mendapat 137 poin.

5. Menciptakan rekor sebagai pembalap Yamaha pertama yang akan dikalahkan pembalap tim satelit yang masih berstatus rookie. Hal itu bisa terjadi, seandainya Fabio Quartararo berhasil merebut posisinya di tangga klasmen. Saat ini, poin Rossi dan Quartararo hanya berjarak 14 angka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *