Atlet Indonesia

Sambut Hari Olahraga Nasional Ke-37

Warungsports Menyambut Hari Olahraga Nasional (Haornas) Ke-37, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap berolahraga. Ia mengatakan dengan berolahraga bisa meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari bahaya virus.

“Untuk memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas), saya meminta kepada masyarakat untuk tetap bergerak dan berolahraga. Dengan berolahraga, daya tahan tubuh meningkat serta imunitas menjadi bagus,” ujarnya seperti dilansir dari Kemenpora, Rabu (9/9/2020).

Menpora juga mengaku perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Apabila tahun sebelumnya melakukan upacara dan mengadakan lomba untuk menyemarakkan Haornas, tahun ini semua tidak dilaksanakan karena adanya pandemi.

“Menginat adanya pandemi COVID-19, tahun ini kita tidak merayakan Haornas seperti tahun sebelumnya. Karena kita tidak memungkinkan melakukan hal tersebut,” paparnya.

Oleh karena itu, untuk memperingati Haornas 2020, Kemenpora akan menyiarkan puncak perayaan Haornas Ke-37 melalui official YouTube Kemenpora RI pada pukul 19.00 WIB.

Dalam rangka merayakan Haornas Ke-37, Menpora mengukapkan peringatan Haornas pada hakikatnya untuk melihat bagaimana perjalanan olahraga di Indonesia.

“Kenapa Haornas dirayakan setiap tanggal 9 September, karena Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama dimulai tanggal 9 September 1948 di Solo sebagai momentum hari bersejarah olahraga,” terangnya.

Ia mengatakan peringatan Haornas yang dirayakan dari tahun ke tahun bertujuan melihat sejauh mana perkembangan olahraga di Indonesia. Selain itu, Haornas juga bisa digunakan sebagai bahan evaluasi bagaimana pembinaan olahraga nasional saat ini.

Untuk mendorong prestasi olahraga nasional, Haornas Ke-37 mengambil tema “Peningkatkan Kebugaran dan Prestasi Olahraga dengan Dukungan Sport Science, serta Pemberdayaan Ekonomi melalui Pengembangan Sport Tourism dan Sport Industry”.

Menpora mengaku mengambil tema ini sebagai langkah extraordinary di tengah situasi pandemi COVID-19. Tujuannya supaya kebugaran masyarakat menigkat sekaligus mendorong prestasi olahraga ke depan.

“Karena situasinya sedang krisis, maka kita harus melakukan langkah-langkah yang extraordinary. Biasanya kita hanya mendorong satu tema saja, tetapi karena situasi sedang seperti ini, kita dorong tiga tema sekaligus,” ujarnya di acara Talk Show FMB 9, Selasa (8/9/2020).

Menpora mengungkap bahwa Sport Science, Sport Industry dan Sport Tourism akan menjadi peran penting untuk olahraga nasional. Ketiganya sama-sama memiliki peran yang besar untuk kebugaran, prestasi dan perekonomian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *