Sepakbola Sepakbola Indonesia

TIMNAS INDONESIA U-19 MENJALANI TES KESEHATAN

 

Timnas Indonesia dan Timnas Indonesia U-19 akan menjalani tes kesehatan fisik sebelum memulai pemusatan latihan (TC) pada Sabtu (25/7). Tes ini dilakukan setelah skuad Garuda dan Garuda Nusantara melakukan tes virus corona.

Asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto mengatakan tes kesehatan dilakukan untuk mengukur sejauh mana kesiapan fisik pemain memulai latihan. Hal ini dikarenakan latihan pemain tidak maksimal selama kompetisi dihentikan akibat pandemi covid-19.

“Ya pasti ada karena risikonya [cedera]. Klub lagi pada libur [tidak ada latihan]. Apabila pemain bisa memahami kalau mereka atlet profesional pasti hasilnya juga baik,” kara Nova Nova melalui pesan singkat kepada Warungsports.com, Jumat (24/7).

Nova menjelaskan dalam pemeriksaan juga akan diukur mulai dari berat badan, massa otot sampai lemak tubuh. Pemeriksaan ini menjadi cara ampuh untuk memantau kondisi pemain dari asupan yang tidak diperbolehkan pelatih Shin Tae Yong, salah satunya gorengan.

“Maka dari itu dilakukan pemeriksaan in body sebagai panduan untuk coaching staff dalam membuat program dan semua dilaporkan ke Coach Shin [Tae Yong] dan Coach Lee [Jae Hong] sebagai pelatih fisik,” jelasnya.

Pemain dan seluruh staf pelatih Timnas Indonesia menjalani tes swab Covid-19 dan pemeriksaan in body pada Jumat. Rencananya, hasil tes swab akan keluar malam nanti.

Setelah diketahui hasil tes swab pemain dan pelatih aman dari paparan Covid-19, latihan resmi baru akan digelar di Stadion Madya, Senayan, Sabtu (25/7).

“Katanya sih nanti malam [hasil tes swab keluar]. Ya yang pasti pemain yang akan ikut berlatih yang benar-benar negatif dan dilihat dari hasil swab semoga semua baik-baik saja,” ucap Nova.

Sepanjang TC, pemain juga tetap wajib menjalankan protokol kesehatan ketat untuk menjamin keamanan supaya tidak terpapar virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *