Sepakbola Sepakbola Dunia

Gaji Selangit Messi di Man City

Warungsports.comLionel Messi yang sudah ngebet meninggalkan Barcelona bisa saja berlabuh di Manchester City, tetapi jika itu terwujud The Citizens harus menyediakan dana besar sebagai gaji sang megabintang.

Man City merupakan klub yang paling dijagokan mendatangkan Messi karena memiliki Pep Guardiola, pelatih yang pernah sukses bersama Messi di Barcelona pada 2008 hingga 2012

Masalah kepindahan Messi mentok pada perbedaan penafsiran kontrak. Sang pemain melihat dirinya bisa pergi dengan bebas (free transfer), sementara pihak klub menilai klub mana pun yang menginginkan kedatangan Messi harus menyediakan uang sebesar 700 juta euro.

Seandainya Messi bisa didatangkan tanpa biaya transfer, Man City tetap diperkirakan harus membayar harga mahal sang bintang melalui instrumen gaji yang bakal diutak-atik oleh agen pemain seperti diutarakan pakar keuangan Dr Robert Wilson.

“Akan menguntungkan baginya [Messi] jika datang secara gratis. Itu bisa menjadi alasan untuk menghasilkan gaji yang lebih tinggi. Klub sepak bola akan melihat total biaya tidak hanya biaya transfer. Jadi itu adalah biaya transfer ditambah biaya agen,” ucap Wilson.

“Jika City punya 100 juta poundsterling untuk menyelesaikan kesepakatan, tetapi tidak ada biaya transfer, maka Messi kemungkinan bisa didatangkan,” sambungnya.

Saat ini Messi bisa mendapatkan 26 juta poundsterling per tahun, murni dari penghasilan di atas lapangan. Jika jadi pindah ke Inggris maka Messi kemungkinan tidak akan mendapat gaji sebesar di Spanyol.

Sekalipun The Citizens memiliki kemampuan menawar gaji pemain yang sudah melesakkan lebih dari 600 gol untuk Barcelona, klub Manchester Biru itu harus menyediakan dana lebih untuk membayar Messi.

Menurut pengacara olahraga Stephen Taylor Heath, keberadaan Messi di lapangan tak bisa dipisahkan dari hak cipta di luar lapangan yang turut mempengaruhi gaji.

“Bagi seseorang seperti Messi, dia berada di kelompok yang setara dengan David Beckham di mana citranya sama pentingnya dengan dia bermain sepak bola sehingga akan terbagi 50:50 antara yang dia dapat untuk sepak bola dan hak citranya yang dibayar klub,” terang Heath dikutip dari Daily Mail.

Atas alasan tersebut, Wilson memperkirakan gaji Messi bakal mencapai 600 ribu poundsterling per pekan di luar bonus-bonus lain seperti gol, assist, atau keberhasilan meraih gelar. Wilson juga menilai bonus yang didapat Messi akan berbeda dengan pemain-pemain Man City lain seperti Kevin de Bruyne atau Raheem Sterling.

Guna menutup biaya membayar gaji tersebut, Man City diperkirakan akan meningkatkan harga jual tiket serta memaksimalkan keberadaan Messi untuk mendapat hak siar lebih tinggi. Perusahaan penyedia jersey Man City juga disebut menjadi pihak yang beruntung dengan kedatangan Messi sehingga akan membayar lebih dari kontrak kerja sama yang sudah disepakati sebelumnya.

Namun di tengah pandemi covid-19 yang belum usai, Wilson pun menilai operasi Man City untuk mendatangkan Messi memiliki risiko tinggi.

“Saya pikir tidak ada yang bisa membayar paket itu. Saya tidak melihat seseorang berupaya keras untuknya, yang jelas tidak di Premier League dan khusususnya di iklim seperti saat ini.”

“Saat ini klub-klub Premier League lebih berhati-hati. Kondisi keuangan klub tidak mengalami kemajuan karena covid,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *